16 Ayat Alkitab Tentang Penyaliban / Salib yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

#PeloporNet – Kematian Yesus merupakan tindakan yang mengerikan dan menakutkan namun akan membawa umatNya dalam keselamatan. Pada kayu salib, Yesus telah membayar hukuman atas segala dosa dari seluruh manusia. Jadi bisa dikatakan jika Dirinya mati untuk menggantikan segala kesalahan umat.

Yesus telah menawarkan untuk menggantikan segala kesalahan yang telah diperbuat oleh manusia, penderitaannya selama penyaliban tentu sangatlah besar namun Ia memutuskan karena rasa kasih sayang dan cintaNya kepada umat-umatNya.

Namun sebenarnya Yesus tidak mati, pada hari ketiga, Ia telah dibangkitkan. Kematian dan kebangkitan ini merupakan jaminan keselamatan untuk seluruh umat manusia. Hal ini juga sudah dijelaskan di dalam ayat Alkitab tentang penyaliban atau salib sehingga penting dipahami oleh umat Kristen.

Kisah ini sama halnya ketika seseorang mati terhadap dosa dan suatu hari nanti akan dibangkitkan kembali guna melewati hidup kekal, hal ini juga telah dijelaskan dalam ayat Alkitab sehingga Anda perlu banyak mempelajari mengenai fase kehidupan dari firman Tuhan.

Ayat Alkitab Tentang Pengorbanan

Ayat Alkitab Tentang Penyaliban / Salib

ilustrasi alkitab membahas penyaliban atau salib, sumber gambar: pexels.com

Momen kebangkitan juga termasuk ke dalam salah satu bukti jika kesalahan manusia akhirnya dapat tergantikan oleh Tuhan Yesus. Maka dari itu, penting bagi umat Kristiani untuk selalu menghormati perjuanganNya saat penyaliban.

Baca kumpulan ayat Alkitab tentang penyaliban atau salib yang menunjukkan penderitaan Tuhan Yesus ketika disalib untuk menggantikan segala dosa dari umat manusia.

Yesaya 53:4

Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Wahyu 1:7

Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.

Roma 6:5-6

Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Matius 28:5-6

Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: ”Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

Matius 20:18-19

”Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.”

Matius 10:38

Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Markus 8:34

Lalu yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: ”Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Markus 16:6

tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: ”Jangan takut! Kamu mencari yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.

Lukas 9:23

Kata-Nya kepada mereka semua: ”Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

Lukas 24:6-7

Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”

Ibrani 12:2

Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Galatia 2:20

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Filipi 2:6-8

yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

1 Petrus 2:24

Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

1 Korintus 2:2

Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.

1 Korintus 1:18

Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Itulah tadi pembahasan ayat Alkitab tentang penyaliban. Tujuannya sangat suci yakni Tuhan ingin menggantikan kesalahan dan dosa-dosa dari umatNya agar dapat diampuni.

Dengan perjuangan tersebut, sudah seharusnya sebagai umat Kristiani wajib meyakini kebenaran kisah tersebut. Kini saatnya untuk menjauhi segala perbuatan yang menimbulkan dosa sehingga pengorbanan Tuhan Yesus pun tidak akan sia-sia.