31 Ayat Alkitab Tentang Pemimpin yang Melayani dan Hebat

Diposting pada

Ayat Alkitab tentang pemimpin – Pemimpin adalah sosok yang dianggap bijaksana dan wibawa untuk memimpin sebuah kelompok, sosok pemimpin tidak dimiliki oleh semua orang. Maka dari itu, bisa dibilang sulit untuk menjadi seorang pemimpin. Ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin.

Namun pemimpin juga tidak boleh menjadi sosok yang angkuh dan sombong, biasanya ketika ada kekuasaan akhirnya membuat orang cenderung merasa lebih kuat. Kekuasaan bisa membuat seseorang menjadi tinggi hati dan menjadi sosok yang bukan pemimpin yang baik.

Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Type: Whatsapp dan Telegram

Sebagai umat kristiani, kita harus meniru keteladanan dari kepemimpinan Yesus sendiri. Sebagai seorang mesias yang turun ke dunia, Ia lantas tidak menjadi sosok yang tinggi hati dan angkuh. Ia menjadi pribadi yang melayani. Apapun yang Ia lakukan, Ia tidak pernah menganggap diriNya sebagai orang yang perlu dihormati.

Ia mau melayani dengan menyembuhkan orang sakit bahkan membangkitkan orang mati, kepemimpinan yang murah hati inilah yang harus dicontoh bagi kita umatNya. Ketika harus memimpin sebuah kelompok, hendaknya kita harus memiliki hati yang melayani. Kepentingan kelompok harus didahulukan.

Hal inilah yang membuat kita menjadi sosok pemimpin yang melayani, jangan sampai kita terbuai dengan kekuasaan yang diberikan. Memang sulit untuk menjadi pemimpin yang melayani, namun kita harus melakukannya sebagai contoh anak-anak Allah.

28 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Karyawan yang Baik

Daftar Ayat Alkitab Tentang Kepemimpinan

ilustrasi seorang pemimpin sedang rapat, sumber gambar: pexels.com

Di dalam Alkitab, sosok pemimpin tentunya banyak diceritakan, tak hanya saat Tuhan Yesus datang ke dunia saja. Ada banyak nabi juga yang memberikan contoh sebagai pemimpin yang melayani. Maka dari itu, kita harus meneladani para nabi yang memberikan inspirasi menjadi pemimpin kristiani yang baik. Baca dan pahami ayat Alkitab tentang pemimpin berikut ini.

1. Matius 20:25-28

“Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: “Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia  menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

2. Ibrani 13:7 

“Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka”

3. 2 Timotius 2:15 

“Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.”

4. Matius 7:12

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

5. Roma 12:4-5

“Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh didalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

6. Kisah Para Rasul 20:28 

“Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.”

7. Filipi 2:6-8

“yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.”

8. Yohanes 13:13-15

“Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.”

9. Galatia 6:2

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”

10. Yakobus 4:10

“Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.”

11. 1 Timotius 3:2-3

“Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu istri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang, 3:3 bukan peminum , bukan pemarah  melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,”

12. Yesaya 41:10

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

13. Markus 10:43-45

“Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

15 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Atasan yang Baik

Ayat Alkitab Untuk Menjadi Pemimpin yang Hebat

ilustrasi pemimpin yang hebat, sumber gambar: pexels.com

Pemimpin sendiri merupakan sosok yang dianggap bijak dan berwibawa untuk bisa memimpin dalam suatu kelompok, bagaimana kewajiban dan perannya pun dijelaskan di dalam ayat Alkitab untuk menjadi yang hebat di bawah ini.

  • Yohanes 10:1-5 : “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal.”
  • Titus 1:7-9 : “Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah, melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.”
  • Galatia 6:9 : “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.”
  • Filipi 4:13 : “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”
  • Amsal 27:23 : “Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.”
  • Yakobus 1:12 : “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.”
  • Yakobus 3:1 : “Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.”
  • Amsal 4:23 : “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”
  • 1 Timotius 4:8 : “Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.”
  • Mazmur 37:5 : “Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;”
  • Yeremia 1:5 : “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.”
  • Filipi 2:2-4 : “karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”
  • Amsal 22:29 : “Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.”
  • Roma 8:28 : “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”
  • Yohanes 10:11-13 : “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.”
  • Yohanes 10:14-16 : “Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.”
  • 1 Timotius 4:12 : “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”
  • Mazmur 23:1-6 : “Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa.”

10+ Doa Sebelum Bekerja Kristen Agar diberi Kelancaran dan Keberkahan

Pemimpin adalah sosok yang kuat dan pastinya menjadi kebanggaan tersendiri, meski demikian sebenarnya tidak mudah bagi seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik dan benar. Sebab, pemimpin tidak boleh angkuh dan tinggi hati.

Seorang pemimpin harus hadir menjadi sosok yang melayani, dengan demikian orang tersebut harus rendah hati dan harus mau melayani sesama dengan baik. Gambaran sosok pelayan yang baik ini perlu dicontoh meski memang sulit dilakukan dalam hidup sehari-hari.

Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Type: Whatsapp dan Telegram