Cara SS Oppo F9: Petunjuk Lengkap untuk Mengambil Tangkapan Layar di Oppo F9

Cara SS Oppo F9: Petunjuk Lengkap untuk Mengambil Tangkapan Layar di Oppo F9

Cara SS Oppo F9: Petunjuk Lengkap untuk Mengambil Tangkapan Layar di Oppo F9

Memanfaatkan Fitur Screenshot di Oppo F9: Praktis, Mudah, dan Cepat

Langkah-langkah Screenshot Standar

Fitur screenshot Oppo F9 memungkinkan Anda dengan mudah menangkap dan menyimpan gambar dari layar ponsel Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pertama-tama, pastikan Anda berada di halaman atau aplikasi yang ingin Anda screenshot. Kemudian, tekan dan tahan tombol daya di sisi kanan ponsel Oppo F9 Anda. Setelah beberapa saat, akan muncul menu pilihan di layar.

Melakukan Screenshot Menggunakan Tiga Jari

Selain tombol daya, Oppo F9 juga menyediakan cara alternatif untuk mengambil screenshot, yaitu dengan menggunakan tiga jari pada layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama-tama, pastikan opsi ini sudah diaktifkan di pengaturan ponsel Anda. Selanjutnya, buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap. Tempatkan tiga jari Anda di atas layar dan geser cepat jari-jari tersebut ke bawah. Ponsel Anda akan otomatis mengambil gambar layar dan menyimpannya di galeri.

Memanfaatkan Gestur Layar untuk Screenshot

Oppo F9 juga dilengkapi dengan fitur gestur layar untuk mengambil screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda screenshot. Lebih menariknya lagi, Anda dapat mengaktifkan fungsi ini dengan mudah melalui pengaturan layar ponsel Anda. Setelah pengaturan diaktifkan, cukup geserkan tiga jari secara vertikal pada layar untuk dengan cepat dan efisien mengambil screenshot.

Menggunakan Tombol Volume dan Daya untuk Screenshot

Jika Anda lebih nyaman dengan cara tradisional, Oppo F9 juga menyediakan metode klasik menggunakan tombol volume dan tombol daya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya. Kemudian, secara bersamaan tekan tombol volume turun dan tombol daya pada Oppo F9 Anda. Dalam sekejap, layar akan berkedip dan gambar layar akan tersimpan di galeri ponsel Anda untuk dilihat atau dibagikan nanti.

Langkah-langkah Mengedit Screenshot di Oppo F9

Menggunakan Aplikasi Bawaan untuk Mengedit Screenshot

Ada berbagai cara untuk mengedit screenshot di Oppo F9, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan yang telah disediakan oleh perangkat Oppo. Setelah mengambil screenshot, cukup buka aplikasi Galeri dan temukan screenshot yang ingin Anda edit. Kemudian, tap tombol Edit di bawah gambar dan Anda akan melihat berbagai alat pengeditan yang tersedia.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengedit Screenshot

Jika Anda ingin lebih banyak pilihan dalam mengedit screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Terdapat banyak pilihan aplikasi pengeditan foto seperti Adobe Photoshop Express, Snapseed, atau Pixlr. Setelah menginstal aplikasi pengeditan foto yang Anda pilih, buka aplikasi tersebut dan pilih screenshot yang ingin Anda edit. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memanfaatkan beragam alat dan fitur pengeditan yang ditawarkan.

Menambahkan Teks atau Anotasi pada Screenshot

Jika Anda ingin memberikan penjelasan atau menyoroti bagian tertentu pada screenshot, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks atau anotasi. Setelah membuka screenshot yang ingin diedit, cari ikon Tambahkan Teks atau Anotasi pada aplikasi pengeditan yang Anda gunakan. Pilih posisi teks atau anotasi yang diinginkan pada screenshot dan ketikkan teks yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengatur ukuran, warna, dan gaya teks sesuai dengan preferensi Anda.

Read more:

Memotong atau Membuat Crop pada Screenshot

Untuk memotong atau membuat crop pada screenshot, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Setelah membuka aplikasi pengeditan, pilih screenshot yang ingin Anda edit dan cari ikon Crop. Selanjutnya, atur area yang ingin dipotong atau di-crop dengan menyelaraskan kotak di sekitar gambar. Setelah puas dengan hasilnya, Anda dapat menyimpan screenshot yang telah dipotong sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah mengedit screenshot di Oppo F9 sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Fitur-fitur seperti penambahan teks, anotasi, dan pemotongan gambar akan membantu Anda menghasilkan screenshot yang lebih menarik dan informatif.

Menangani Kendala Screenshot di Oppo F9

Menangani Kendala Screenshot di Oppo F9

Screenshot Gagal atau Tidak Berfungsi

Screenshot adalah fitur penting yang terdapat pada ponsel Oppo F9 yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengambil gambar tampilan layar mereka. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami kendala di mana screenshot tidak berhasil atau tidak berfungsi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba:

  • Restart Oppo F9 Anda dan coba ambil screenshot lagi.
  • Periksa kapasitas penyimpanan internal ponsel Anda. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, hapus beberapa file yang tidak diperlukan.
  • Apabila Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot, matikan aplikasi tersebut dan gunakan fungsi screenshot bawaan Oppo F9.
  • Lakukan pembaruan perangkat lunak Oppo F9 ke versi terbaru, karena pembaruan ini dapat memperbaiki masalah yang ada.
  • Hasil Screenshot Buram atau Tidak Jelas

    Jika Anda mengalami kendala di mana hasil screenshot di Oppo F9 Anda buram atau tidak jelas, berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu:

  • Pastikan layar Oppo F9 Anda bersih dan bebas dari noda atau debu yang dapat mempengaruhi kualitas gambar.
  • Atur tingkat kecerahan layar Oppo F9 Anda. Jangan terlalu terang atau terlalu gelap, karena hal tersebut dapat memengaruhi kualitas gambar yang diambil.
  • Jika Anda mencoba mengambil screenshot dari video, hentikan pemutaran video sejenak dan pastikan gambar yang ingin Anda ambil tidak sedang bergerak.
  • Periksa pengaturan kamera Oppo F9 Anda. Beberapa pengaturan mungkin mempengaruhi kualitas gambar pada screenshot yang diambil.
  • Tidak Dapat Menemukan Screenshot yang Tersimpan

    Jika Anda kesulitan menemukan screenshot yang telah Anda ambil di Oppo F9 Anda, mungkin ada beberapa alasan berikut ini:

  • Periksa folder penyimpanan screenshot di galeri ponsel Anda. Biasanya, screenshot yang diambil akan disimpan dalam folder khusus yang bisa Anda akses melalui aplikasi galeri.
  • Apabila Anda menggunakan fitur Google Photos atau penyimpanan cloud lainnya, pastikan screenshot Anda telah disinkronkan dan tersedia di cloud tersebut.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi pengelola file pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa folder penyimpanan screenshot yang benar di dalam aplikasi tersebut.
  • Screenshot Tidak Bisa Dibagikan ke Aplikasi Lain

    Jika Anda kesulitan membagikan screenshot dari Oppo F9 ke aplikasi lain, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Periksa apakah aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk berbagi screenshot telah diperbarui ke versi terbaru. Terkadang, masalah kompatibilitas antara aplikasi dapat menyebabkan kesalahan saat berbagi.
  • Pastikan Anda memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses gambar di galeri ponsel Anda. Buka pengaturan ponsel Anda, pilih “Izin Aplikasi,” dan pastikan aplikasi yang ingin Anda gunakan memiliki izin yang diperlukan.
  • Jika kendala masih berlanjut, coba hapus data cache aplikasi yang digunakan untuk membagikan screenshot. Anda juga dapat mencoba menghapus data aplikasi dan mengatur kembali preferensi tersebut.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, seharusnya Anda dapat mengatasi kendala-kendala yang mungkin Anda temui saat ingin mengambil screenshot di Oppo F9 Anda. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan hati-hati, dan bila kendala Anda masih belum teratasi, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Oppo untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

    Cara Tes Layar Xiaomi

    • Dipublish : 13 Mei 2024

    • Diupdate :

    • Penulis : Farida

    Comments are closed.