Cara Ganti Baterai Xiaomi Note 3

Cara Ganti Baterai Xiaomi Note 3

Cara Ganti Baterai Xiaomi Note 3

Tutorial Penggantian Baterai Xiaomi Note 3

Tutorial Penggantian Baterai Xiaomi Note 3

Persiapan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses mengganti baterai Xiaomi Note 3, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa alat yang diperlukan, di antaranya:

  • Obeng
  • Alat pembuka plastik
  • Baterai Xiaomi Note 3 baru
  • Membuka Casing Belakang

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka casing belakang Xiaomi Note 3. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tujuan perhatian ke bagian belakang ponsel.
  • Gunakan alat pembuka plastik untuk secara perlahan membuka casing belakang.
  • Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak tekanan agar casing tidak rusak atau pegas tidak lepas.
  • Mengeluarkan Baterai Lama

    Setelah casing belakang terbuka, tahap berikutnya adalah mengeluarkan baterai yang lama. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Gunakan obeng untuk melepas sekrup yang mengamankan baterai.
  • Dengan hati-hati, lepaskan konektor baterai dari ponsel.
  • Keluarkan baterai yang lama perlahan-lahan.
  • Memasang Baterai Baru

    Setelah baterai lama berhasil dikeluarkan, saatnya memasang baterai yang baru. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan kontak baterai dan konektor di ponsel dalam keadaan bersih.
  • Read more:

  • Sambungkan konektor baterai yang baru ke ponsel dengan hati-hati.
  • Pasang kembali sekrup penjaga baterai untuk mengamankan baterai yang baru.
  • Cara Mengatasi Xiaomi Note 3 yang Tidak Bisa Menyala

    Cara Mengatasi Xiaomi Note 3 yang Tidak Bisa Menyala

    Pengecekan Koneksi Daya

    Jika Xiaomi Note 3 yang Anda miliki mengalami masalah tidak bisa menyala, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan pada koneksi daya perangkat.

    Pengecekan Tombol Power

    Langkah selanjutnya adalah memeriksa keadaan tombol power pada Xiaomi Note 3. Tekan tombol power dengan kuat dan tahan selama beberapa detik. Jika perangkat masih tidak merespon, lakukan penggantian charger dan ulangi proses ini. Apabila masalah tetap terjadi, kemungkinan besar terdapat masalah pada tombol power perangkat Anda.

    Mengganti Baterai

    Jika pengecekan koneksi daya dan tombol power tidak membuahkan hasil, langkah selanjutnya adalah mengganti baterai Xiaomi Note 3 Anda yang mungkin sudah rusak atau habis daya. Pastikan Anda membeli baterai pengganti yang sesuai dengan tipe perangkat Anda.

    Gunakan alat yang tepat untuk membuka casing belakang Xiaomi Note 3, lalu lepaskan baterai yang lama. Tempatkan baterai baru dengan benar dan rapat. Setelah itu, pasang kembali casingnya sebelum mencoba menghidupkan perangkat.

    Memperbaiki Komponen Internal

    Jika setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, Xiaomi Note 3 Anda masih tidak bisa menyala, kemungkinan ada masalah pada komponen internal perangkat.

    Untuk keamanan dan keefektifan perbaikan, sebaiknya Anda menghubungi pusat layanan resmi Xiaomi. Di sana, teknisi yang berpengalaman akan membantu Anda memeriksa dan memperbaiki masalah pada komponen internal perangkat tersebut.

    Cara Mencegah Overheating pada Xiaomi Note 3

    Mencegah Overheating pada Xiaomi Note 3

    Mengurangi Penggunaan Berlebihan

    Penggunaan berlebihan pada Xiaomi Note 3 dapat menyebabkan masalah overheating. Hindari menggunakan aplikasi atau game yang membutuhkan banyak daya untuk waktu yang lama. Pastikan Anda memberikan waktu istirahat bagi perangkat Anda agar suhu tidak meningkat secara signifikan.

    Membersihkan Bagian Internal

    Agar overheating tidak terjadi, bersihkan sirkuit internal pada Xiaomi Note 3 dengan teratur. Gunakan kuas halus atau kompresor udara untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk di sekitar komponen sirkuit. Pastikan perangkat dalam keadaan mati saat membersihkannya.

    Memastikan Sirkulasi Udara yang Cukup

    Memastikan adanya ventilasi yang cukup pada Xiaomi Note 3 sangat penting untuk mencegah terjadinya overheating. Hindari menutup perangkat dengan benda-benda seperti kertas atau benda-benda yang dapat menghalangi aliran udara. Pastikan ventilasi tetap terbuka dan udara mengalir dengan baik di sekitar perangkat.

    Menggunakan Aplikasi Pendingin

    Tersedia berbagai aplikasi yang dapat membantu mencegah overheating pada Xiaomi Note 3. Pasang dan gunakan aplikasi pendingin yang andal saat Anda merasa perangkat mulai terlalu panas. Aplikasi ini akan membantu menurunkan suhu perangkat dengan mengurangi beban kerja yang berlebihan.

    Memperbaiki Layar Pecah Xiaomi Note 3 dengan Tepat

    Manfaatkan Garansi yang Tersedia

    Jika perangkat Xiaomi Note 3 Anda masih di dalam masa garansi, memanfaatkan klaim garansi adalah langkah yang bijaksana. Pusat layanan resmi Xiaomi biasanya dapat menangani perbaikan layar pecah dengan biaya perbaikan ditanggung oleh perusahaan. Pastikan Anda membawa dokumen garansi dan tanyakan opsi perbaikan yang tersedia kepada petugas layanan yang kompeten.

    Berbelanja Secara Cerdas untuk Layar Pengganti

    Apabila garansi Anda telah berakhir atau kerusakan layar tidak tercakup dalam garansi, langkah berikutnya adalah membeli layar pengganti yang sesuai. Pilihlah layar yang kompatibel dengan perangkat Xiaomi Note 3 Anda. Anda dapat mencarinya melalui toko online atau offline yang menjual suku cadang smartphone. Sebelumnya, pastikan Anda membaca ulasan dan mengecek reputasi penjual untuk memastikan kualitas produk yang diperoleh.

    Membersihkan Sisa Pecahan Kaca dan Lem Lama

    Sebelum melanjutkan dengan pemasangan layar pengganti baru pada Xiaomi Note 3, langkah krusial yang harus dilakukan adalah membersihkan sisa pecahan kaca dan lem lama dengan hati-hati. Gunakan alkohol isopropil dan kain mikrofiber untuk membersihkan permukaan secara menyeluruh. Perhatikan agar tidak ada sisa kaca atau kotoran yang tertinggal guna memastikan pemasangan layar pengganti berjalan lancar.

    Pemasangan yang Tepat untuk Layar Pengganti

    Setelah selesai membersihkan sisa pecahan kaca dan lem lama, langkah selanjutnya adalah memasang layar pengganti baru. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang terdapat pada panduan pemasangan yang umumnya disertakan bersama layar pengganti. Telitilah dalam mengikuti instruksi dan pastikan menggunakan alat yang sesuai guna memastikan pemasangan yang aman dan berhasil.

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memperbaiki layar pecah pada Xiaomi Note 3 Anda sendiri. Namun, jika Anda merasa tidak memiliki keahlian yang cukup atau meragukan kemampuan Anda, lebih baik serahkan perbaikan ini kepada teknisi smartphone yang berpengalaman.

    Cara Menangani Xiaomi Note 3 yang Tidak Dapat Terhubung ke Wi-Fi

    Memeriksa Pengaturan Wi-Fi

    Jika Xiaomi Note 3 Anda mengalami kendala dalam terhubung ke Wi-Fi, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memverifikasi pengaturan Wi-Fi pada perangkat tersebut. Periksa apakah Wi-Fi sudah aktif dan perangkat telah dikonfigurasi untuk mencari jaringan Wi-Fi yang tersedia. Pastikan juga bahwa Anda telah memasukkan kata sandi dengan benar ketika terhubung ke jaringan yang diinginkan.

    Menghidupkan Ulang Perangkat dan Router

    Jika masalah masih persisten setelah memverifikasi pengaturan Wi-Fi, cobalah untuk me-restart Xiaomi Note 3 dan router Wi-Fi Anda. Pertama, matikan dan hidupkan kembali perangkat Xiaomi Note 3. Lalu, lakukan hal serupa untuk router Wi-Fi. Melakukan restart pada kedua perangkat ini akan membantu mengatasi kemungkinan kegagalan sistem dan memungkinkan koneksi Wi-Fi untuk memulai ulang.

    Memperbarui Firmware Perangkat

    Jika Xiaomi Note 3 masih tidak dapat terhubung ke Wi-Fi setelah melakukan restart perangkat dan router Wi-Fi, langkah berikutnya adalah melakukan pembaruan firmware perangkat. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi Pengaturan > Informasi Ponsel > Pembaruan Sistem. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi yang berbeda untuk melakukan pembaruan firmware. Mengupdate firmware ini dapat membantu memperbaiki bug yang berhubungan dengan masalah koneksi Wi-Fi.

    Mereset Pengaturan Jaringan

    Jika masalah masih berlanjut, terakhir, Anda dapat mencoba mereset pengaturan jaringan pada Xiaomi Note 3. Prosedur ini akan menghapus semua pengaturan jaringan termasuk Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Setelan Lanjutan > Cadangkan & Reset > Reset Pengaturan Jaringan. Setelah proses reset selesai, Anda perlu mengatur ulang koneksi Wi-Fi pada perangkat Anda.

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat mengatasi masalah ketidakmampuan Xiaomi Note 3 untuk terhubung ke Wi-Fi. Jika masalah tersebut masih berlanjut, disarankan untuk menghubungi tim layanan pelanggan Xiaomi atau membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Xiaomi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

    Tips Menghemat Baterai pada Xiaomi Note 3

    Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

    Salah satu cara yang efektif untuk menghemat baterai pada Xiaomi Note 3 adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar. Tingkat kecerahan yang tinggi akan menguras daya baterai dengan cepat. Anda dapat masuk ke pengaturan Xiaomi Note 3 Anda dan mengurangi tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan Anda. Dengan mengurangi tingkat kecerahan, Anda akan dapat menggunakan ponsel lebih lama tanpa harus mengisi ulang baterai.

    Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

    Mematikan fitur-fitur yang tidak sedang digunakan juga dapat membantu Anda menghemat baterai pada Xiaomi Note 3. Fitur-fitur seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, atau NFC dapat terus mengonsumsi daya baterai meskipun tidak digunakan. Pastikan untuk mematikan fitur-fitur ini melalui pengaturan Xiaomi Note 3 Anda jika Anda tidak membutuhkannya. Dengan mematikan fitur yang tidak digunakan, Anda dapat menghemat daya baterai dan menjaga baterai tetap awet.

    Gunakan Mode Hemat Baterai

    Xiaomi Note 3 dilengkapi dengan mode hemat baterai yang berguna untuk mengoptimalkan penggunaan daya dan memperpanjang masa pakai baterai. Mode hemat baterai dapat secara otomatis membatasi beberapa fitur dan fungsi yang memakan daya baterai tinggi. Anda dapat mengaktifkan mode hemat baterai melalui pengaturan Xiaomi Note 3 Anda. Dengan menggunakan mode hemat baterai, Anda dapat menjaga baterai tetap tahan lama dan menghindari keprihatinan tentang baterai yang cepat habis.

    Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

    Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan baterai Xiaomi Note 3 habis dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk menutup aplikasi-aplikasi yang tidak Anda gunakan saat ini. Anda dapat melakukan ini dengan mengakses layar multitasking pada Xiaomi Note 3 Anda dan menutup aplikasi-aplikasi tersebut dengan menggesernya ke samping atau ke atas. Menutup aplikasi yang tidak digunakan akan menghemat daya baterai secara signifikan dan memungkinkan Anda untuk menggunakan ponsel lebih lama sebelum harus mengisi ulang baterai.

    Cara Mengatasi Kendala Xiaomi Note 3 yang Mengalami Keadaan Terimpan atau Lambat

    Mengatasi Xiaomi Note 3 yang Terjerat atau Berjalan Lambat

    Memulai Ulang Perangkat

    Salah satu langkah sepele untuk menghilangkan masalah Xiaomi Note 3 yang mengalami keadaan terhenti atau berjalan lambat adalah dengan memulai ulang perangkat. Tekan tombol daya dalam beberapa saat hingga menu pemilihan restart muncul, kemudian pilih opsi restart. Setelah perangkat menyala kembali, periksa apakah persoalan tersebut sudah teratasi atau belum dengan mencobanya.

    Menghapus Cache System

    Keberadaan cache system yang penuh bisa membuat Xiaomi Note 3 menjadi terjerat atau berjalan lambat. Anda dapat mengatasinya dengan menghapus cache system secara teratur. Akses menu pengaturan perangkat, pilih opsi PeNsimpanan, lalu pilih Cache data. Di sana, ada opsi untuk menghapus cache system. Setelah sukses melakukannya, kinerja perangkat akan menjadi lebih lancar.

    Melakukan Pembaruan Aplikasi dan Firmware

    Jangan lupa untuk melakukan pembaruan aplikasi dan firmware Xiaomi Note 3 secara teratur. Versi terkini dari aplikasi dan firmware umumnya memberikan perbaikan pada bug serta peningkatan performa. Lakukan langkah berikut untuk melakukannya: akses pengaturan perangkat, pilih opsi Tentang Ponsel, lalu temui pilihan Pembaruan Sistem. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuknya untuk mengunduh dan menginstalnya. Setelah selesai, perangkat akan bekerja dengan lebih lancar dan mengurangi risiko keadaan terhenti atau berjalan lambat.

    Pastikan Tak Ada Ancaman Virus atau Malware

    Jika Xiaomi Note 3 masih mengalami kesusahan seperti terjerat atau berjalan lambat, mungkin ada kemungkinan terinfeksi virus atau malware. Untuk mengatasi hal ini, gunakan aplikasi keamanan yang terpercaya guna memindai perangkat. Jika ditemukan virus atau malware, ikuti instruksi dari aplikasi untuk membersihkannya dan menghadapi ancaman tersebut.

    Panduan Menghapus Aplikasi Bawaan pada Xiaomi Note 3

    Panduan Menghapus Aplikasi Bawaan pada Xiaomi Note 3

    Langkah 1: Akses Pengaturan

    Proses pertama untuk menghapus aplikasi bawaan pada perangkat Xiaomi Note 3 Anda adalah dengan membuka menu Pengaturan pada ponsel cerdas ini. Anda dapat menemukan dan mengetuk ikon Pengaturan pada layar beranda atau meluncurkan menu notifikasi dengan menggesek layar ke bawah dan memilih Pengaturan.

    Langkah 2: Pilih Aplikasi dan Izin

    Setelah berhasil masuk ke menu Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi yang bertuliskan “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

    Langkah 3: Aplikasi Bawaan

    Dalam jendela “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”, anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang telah terpasang pada Xiaomi Note 3. Temukan dan ketuk aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus dari perangkat ini.

    Langkah 4: Hapus Aplikasi

    Setelah Anda memilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus, informasi rinci tentang aplikasi tersebut akan ditampilkan. Gulir ke bawah dan temukan opsi yang bertuliskan “Hapus” atau “Uninstall”. Ketuk opsi tersebut untuk menghapus aplikasi bawaan dari perangkat Xiaomi Note 3 Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai. Jika Anda tidak menemukan opsi “Hapus”, itu mengindikasikan bahwa aplikasi tersebut tidak dapat dihapus.

    Cara Mengatasi Masalah Baterai Cepat Habis pada Xiaomi Note 3

    Cara Mengatasi Masalah Baterai Cepat Habis pada Xiaomi Note 3

    Memeriksa Aplikasi yang Konsumsi Baterai Terlalu Banyak

    Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Xiaomi Note 3 adalah baterai yang cepat habis. Salah satu solusinya adalah dengan memeriksa aplikasi-aplikasi yang menggunakan daya baterai secara berlebihan. Identifikasi aplikasi-aplikasi yang memiliki konsumsi daya baterai yang tinggi dan pertimbangkan untuk mengurangi penggunaan atau menghapus aplikasi tersebut jika tidak terlalu penting.

    Menonaktifkan Fitur-Fitur yang Tidak Terpakai

    Selain aplikasi, fitur-fitur yang tidak digunakan pada Xiaomi Note 3 juga dapat menyebabkan baterai cepat habis. Pastikan untuk memeriksa dan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan atau jarang digunakan, seperti GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi. Dengan mengurangi penggunaan fitur-fitur ini, Anda dapat menghemat daya baterai ponsel Anda.

    Menggunakan Mode Hemat Baterai

    Untuk mengatasi masalah baterai cepat habis pada Xiaomi Note 3, Anda dapat memanfaatkan fitur mode hemat baterai yang disediakan oleh perangkat ini. Aktifkan mode hemat baterai saat ponsel Anda sedang tidak membutuhkan performa maksimal. Mode hemat baterai akan mengoptimalkan penggunaan daya baterai dengan cara membatasi beberapa fitur, seperti mengurangi kecerahan layar atau memperlambat kecepatan CPU.

    Memastikan Tidak Ada Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

    Masalah baterai cepat habis pada Xiaomi Note 3 juga dapat disebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang. Pastikan untuk memeriksa daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Anda dan tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda dapat menghemat daya baterai perangkat Anda dan memperpanjang waktu penggunaan.

    Teknik Mengoptimalkan Penyimpanan pada Xiaomi Note 3

    Teknik Mengoptimalkan Penyimpanan pada Xiaomi Note 3

    Meninjau dan Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek semua aplikasi yang telah terpasang pada Xiaomi Note 3 Anda. Pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak sering digunakan agar dapat mengurangi penggunaan memori internal perangkat Anda. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

    Memindahkan File ke Penyimpanan Eksternal

    Apabila memori internal Xiaomi Note 3 Anda hampir penuh, Anda dapat memindahkan file-file yang tidak penting ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD. Dengan demikian, memori internal akan tetap terjaga untuk file-file yang lebih penting. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    Menghapus Cache Aplikasi

    Cache aplikasi dapat memakan ruang penyimpanan yang berharga. Untuk membersihkan cache aplikasi pada Xiaomi Note 3, ikuti petunjuk berikut:

    Memanfaatkan Fitur Pembersihan Otomatis

    Xiaomi Note 3 dilengkapi dengan fitur pembersihan otomatis yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan penyimpanan. Anda dapat mengatur fitur ini agar dapat membersihkan file-file yang tidak diperlukan secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

    Informasi Lengkap Mengenai Xiaomi Note 3

    Informasi Lengkap Mengenai Xiaomi Note 3

    Apa saja spesifikasi Xiaomi Note 3?

    Smartphone Xiaomi Note 3 memiliki spesifikasi yang menakjubkan. Dalamnya tersemat prosesor octa-core yang sangat tangguh, RAM yang besar mampu menunjang performa multitasking, layar Full HD yang memukau serta baterai yang tahan lama sehingga dapat digunakan sepanjang hari. Fitur kameranya pun juga tergolong berkualitas tinggi untuk menghasilkan foto dan video yang memukau.

    Jika Xiaomi Note 3 mati total, apa yang harus dilakukan?

    Jika Xiaomi Note 3 mati total, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mencoba mengisi ulang baterainya menggunakan charger asli. Jika tidak ada respon, disarankan untuk membawanya ke pusat layanan resmi Xiaomi agar dapat diperiksa secara menyeluruh sehingga masalahnya dapat teridentifikasi dan diperbaiki dengan tepat.

    Berapa lama waktu pengisian baterai Xiaomi Note 3?

    Waktu pengisian baterai Xiaomi Note 3 tergantung pada kapasitas baterai dan penggunaan charger yang Anda gunakan. Secara umum, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai penuh Xiaomi Note 3 adalah sekitar 2-3 jam. Pastikan Anda menggunakan charger asli agar proses pengisian berjalan optimal dan aman.

    Bagaimana cara melakukan factory reset pada Xiaomi Note 3?

    Untuk melakukan factory reset pada Xiaomi Note 3, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka menu Pengaturan pada Xiaomi Note 3.

    2. Pilih Pengaturan Tambahan.

    3. Gulir ke bawah dan pilih Cadangkan & Atur Ulang.

    4. Tekan Atur Ulang Data Pabrik.

    5. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengkonfirmasi dan melanjutkan proses reset.

    Apakah Xiaomi Note 3 memiliki kemampuan kamera yang luar biasa?

    Ya, Xiaomi Note 3 menawarkan kamera berkualitas tinggi. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan kamera utama beresolusi tinggi dan dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti HDR, mode malam, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamera depannya juga mampu menghasilkan foto selfie dan panggilan video dengan kualitas yang memuaskan.

    Apakah Xiaomi Note 3 mendukung penggunaan dual SIM?

    Tentu saja, Xiaomi Note 3 mendukung penggunaan kartu SIM ganda. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan dalam satu ponsel, memisahkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi atau memanfaatkan keunggulan dan promo dari dua provider yang berbeda.

    Jika layar Xiaomi Note 3 tidak responsif, apa yang harus dilakukan?

    Jika layar Xiaomi Note 3 tidak merespon terhadap sentuhan, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba:

    1. Matikan dan nyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol daya.

    2. Periksalah apakah layar terkena air atau ada benda yang mempengaruhinya. Bersihkan jika diperlukan.

    3. Jika masalah masih berlanjut, sangat disarankan untuk membawanya ke pusat layanan resmi Xiaomi agar diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

    Cara Ganti Batre Xiaomi Note 3

    • Dipublish : 4 September 2023

    • Diupdate :

    • Penulis : Farida

    Comments are closed.