Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Vivo

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Vivo

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Vivo

Panduan Mengembalikan Foto yang Hilang di Ponsel Vivo

Panduan Mengembalikan Foto yang Hilang di Ponsel Vivo

Menggunakan Aplikasi untuk Memulihkan Data

Jika Anda secara tidak sengaja atau dengan sengaja menghapus foto-foto di ponsel Vivo Anda, Anda dapat memanfaatkan aplikasi khusus untuk memulihkan data yang hilang tersebut. Aplikasi seperti DiskDigger atau Dumpster akan melakukan pemindaian pada penyimpanan internal atau kartu SD Anda dan berusaha mengembalikan foto-foto yang terhapus.

Menggunakan Google Photos

Apabila Anda menggunakan Google Photos di ponsel Vivo Anda, ada kemungkinan bahwa foto-foto yang terhapus masih tersimpan di cloud Google. Anda dapat membuka aplikasi Google Photos dan memeriksa folder “Trash” atau “Sampah” untuk melihat apakah foto-foto terhapus terdapat di dalamnya. Jika ada, Anda dapat mengembalikannya dengan menekan tombol “Restore” atau “Pulihkan”.

Menggunakan Layanan Penyimpanan di Cloud

Apabila Anda telah mengaktifkan fitur penyimpanan di cloud pada ponsel Vivo Anda, misalnya Huawei Cloud, Anda dapat mencoba mengembalikan foto-foto yang terhapus dari cadangan yang telah dibuat sebelumnya. Buka aplikasi penyimpanan di cloud pada ponsel Vivo Anda dan periksa apakah tersedia cadangan foto-foto yang hilang. Jika ada, ikuti petunjuk yang tersedia untuk mengembalikan foto-foto tersebut.

Menggunakan Aplikasi dari Pihak Ketiga

Apabila langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan foto-foto yang terhapus di ponsel Vivo. Terdapat beberapa aplikasi populer seperti EaseUS MobiSaver, Dr.Fone, atau FonePaw Android Data Recovery yang dapat Anda coba. Instal salah satu aplikasi pilihan Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan foto-foto yang terhapus.

Prosedur Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Prosedur Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Data

Langkah pertama yang perlu dijalankan adalah men-download dan menginstal aplikasi pemulihan data yang sesuai dengan perangkat yang digunakan. Pastikan untuk memperoleh aplikasi dari sumber yang tepercaya dan dapat dipercaya.

Buka Aplikasi dan Pilih Fitur Pemindaian

Setelah berhasil menginstal aplikasi pemulihan data, buka aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Pilih fitur untuk melakukan pemindaian atau pemulihan data. Aplikasi pemulihan akan memulai proses pengambilan informasi pada perangkat Anda untuk mencari file yang bisa dikembalikan.

Pilih Foto yang Ingin Dikembalikan

Setelah proses pemindaian selesai, aplikasi pemulihan akan menampilkan daftar file yang bisa dikembalikan. Temukan dan pilih foto-foto yang ingin Anda pulihkan. Pastikan untuk memilih dengan cermat dan teliti guna mendapatkan pemulihan yang akurat.

Tekan Tombol Restorasi untuk Memulihkan Foto

Terakhir, setelah Anda memilih foto yang ingin dikembalikan, tekan tombol “Restorasi” atau “Pemulihan” yang ada pada aplikasi pemulihan. Aplikasi akan menjalankan proses pemulihan dan foto-foto yang terhapus akan dikembalikan ke perangkat Anda. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang diberikan aplikasi dengan seksama.

Read more:

Proses menggunakan Google Photos

Proses Menggunakan Google Photos

Buka Aplikasi Google Photos

Jika Anda ingin mengembalikan foto yang telah terhapus dari perangkat Android Anda, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan dengan menggunakan Google Photos. Pertama-tama, dapatkan akses ke aplikasi Google Photos yang sudah terpasang di ponsel Anda.

Pilih “Trash” di Menu Navigasi

Setelah berhasil membuka aplikasi Google Photos, cari tautan menu yang ada di sudut kiri atas layar. Ketuk menu tersebut untuk melihat beberapa opsi yang tersedia. Temukan dan pilih “Trash” dari menu navigasi yang ada.

Pilih Foto yang Ingin Dikembalikan

Setelah masuk ke dalam menu “Trash”, Anda akan melihat daftar lengkap dari foto-foto yang telah dihapus sebelumnya. Lihatlah daftar tersebut secara seksama dan pilihlah foto yang hendak Anda pulihkan kembali ke dalam galeri perangkat Anda.

Tekan Tombol Restore untuk Mengembalikan Foto

Setelah sukses memilih foto yang ingin Anda pulihkan, perhatikan tombol “Restore” yang terletak di bagian atas layar. Tekan tombol tersebut untuk segera memulihkan foto yang sudah terhapus ke dalam galeri perangkat Android Anda. Setelah selesai, foto tersebut akan muncul kembali di aplikasi Google Photos dan dapat diakses seperti biasanya.

Sekarang, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan Google Photos dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus dari perangkat Android. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah Pertama: Buka Aplikasi Google Photos

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Photos yang sudah terpasang di ponsel Android Anda. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi ini sebelum melanjutkan tahapan berikutnya.

Langkah Kedua: Pilih “Trash” di Menu Navigasi

Setelah berhasil membuka aplikasi Google Photos, perhatikan adanya menu navigasi yang terletak di sudut kiri atas layar. Dari menu tersebut, carilah dan pilih opsi “Trash” untuk melihat foto-foto yang telah dihapus.

Langkah Ketiga: Pilih Foto yang Ingin Dikembalikan

Setelah berhasil memasuki menu “Trash”, perhatikan daftar lengkap dari foto-foto yang telah dihapus sebelumnya. Dalam daftar ini, pilihlah foto yang ingin Anda pulihkan kembali ke dalam galeri perangkat Anda. Pastikan Anda memilih foto yang sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah Keempat: Tekan Tombol Restore untuk Mengembalikan Foto

Setelah Anda telah memilih foto yang ingin dikembalikan, temukan tombol “Restore” yang terletak di bagian atas layar. Klik tombol ini untuk segera memulihkan foto yang telah terhapus ke dalam galeri perangkat Android Anda. Setelah selesai, foto tersebut akan muncul kembali di aplikasi Google Photos dan dapat diakses seperti biasanya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menggunakan Google Photos dengan mudah dalam mengembalikan foto-foto yang telah terhapus dari perangkat Android Anda. Pastikan Anda mengikuti setiap tahapan dengan teliti untuk hasil yang lebih baik.

Tutorial Menggunakan Backup pada Cloud

Langkah-langkah Menggunakan Backup di Cloud

Mulai Dengan Membuka Aplikasi Cloud Pilihan

Pertama-tama, buka aplikasi penyimpanan cloud yang telah terpasang pada perangkat Anda. Contoh umum aplikasi cloud yang sering digunakan adalah Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Pastikan Anda telah berhasil login menggunakan akun yang terhubung dengan layanan cloud tersebut.

Cari Folder Backup Spesifik untuk Foto Anda

Setelah berhasil membuka aplikasi cloud, carilah folder yang digunakan khusus untuk menyimpan salinan cadangan (backup) foto-foto Anda. Folder ini umumnya memiliki nama seperti “Foto Cadangan” atau “Backup Kamera”. Jika folder tersebut tidak terlihat secara langsung, Anda bisa menggunakan fitur pencarian yang disediakan dalam aplikasi untuk mempermudah proses pencariannya.

Pilih Foto yang Akan Dipulihkan

Setelah menemukan folder backup foto, cari foto yang ingin Anda pulihkan. Biasanya, foto-foto tersebut akan tersusun berdasarkan tanggal dan waktu pengambilan. Anda dapat menjelajahi isi folder secara manual atau menggunakan fitur pencarian dalam aplikasi untuk menemukan foto yang diinginkan.

Klik Tombol Pemulihan untuk Mengembalikan Foto Anda

Setelah berhasil menemukan foto yang ingin dikembalikan, tekan tombol pemulihan atau tombol dengan ikon yang menunjukkan proses pengembalian. Tombol ini biasanya terletak di bagian bawah layar atau pada menu opsi foto. Setelah itu, proses pemulihan foto akan dimulai dan Anda dapat melihat kembali foto tersebut di galeri perangkat Anda.

Panduan Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Panduan Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Pilih dan Unduh Aplikasi Tambahan

Langkah pertama dalam mengembalikan foto yang terhapus adalah dengan memilih dan mengunduh aplikasi pihak ketiga

yang memiliki fitur pemulihan foto. Anda dapat mencari aplikasi semacam ini di toko aplikasi seperti Play Store atau App Store.

Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa kesesuaian dengan perangkat Anda sebelum mengunduhnya.

Buka Aplikasi dan Pilih Foto yang Ingin Dipulihkan

Setelah Anda mengunduh aplikasi yang cocok, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda. Umumnya, aplikasi akan meminta izin

untuk mengakses galeri atau memori internal perangkat. Setelah izin diberikan, Anda dapat mulai mencari foto yang ingin dipulihkan.

Aplikasi pihak ketiga biasanya memiliki antarmuka yang serupa dengan galeri bawaan perangkat Anda untuk memudahkan navigasi.

Tekan Tombol Pulihkan untuk Mengembalikan Foto

Setelah menemukan foto yang ingin Anda pulihkan, tekan atau pilih foto tersebut. Biasanya, terdapat tombol “Pulihkan” atau “Kembalikan”

yang harus Anda tekan untuk memulai proses pemulihan. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet, karena pemulihan foto membutuhkan

pengunduhan dari server aplikasi.

Tunggu Hingga Proses Pemulihan Selesai

Setelah menekan tombol pulihkan, tunggu hingga proses pemulihan selesai. Durasi proses ini akan bervariasi tergantung pada ukuran dan

jumlah foto yang akan dipulihkan. Pastikan perangkat Anda tetap terhubung ke internet dan jangan keluar dari aplikasi hingga pemulihan selesai.

Setelah selesai, foto yang terhapus akan muncul kembali di galeri atau folder yang sesuai.

Pertanyaan Umum Mengenai Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Vivo

Tak selayaknya metode-metode yang disebutkan di atas dapat berhasil mengembalikan foto yang terhapus pada perangkat HP Vivo. Bukan seluruh metode yang telah dijelaskan bisa memastikan kembalinya foto-foto yang telah terhapus. Terdapat beberapa faktor seperti durasi waktu sejak foto dihapus, penggunaan ruang penyimpanan baru, serta tipe pemulihan yang digunakan yang bisa memengaruhi tingkat keberhasilan pemulihan. Apabila metode yang telah dijelaskan tidak berhasil, coba gunakan metode lain sebagai alternatif.

Apakah foto yang telah terhapus masih bisa dikembalikan dalam jangka waktu yang lama?

Tentunya, beberapa aplikasi pemulihan foto bisa mengembalikan foto yang telah terhapus bahkan dalam rentang waktu yang cukup lama. Namun, semakin lama rentang waktu berlalu sejak foto dihapus, semakin berkurang pula kemungkinan keberhasilan pemulihannya. Oleh karena itu, amat disarankan untuk segera mengambil tindakan langkah pemulihan setelah mengetahui bahwa foto telah terhapus.

Apakah setiap aplikasi pemulihan gratis?

Tidak setiap aplikasi pemulihan yang tersedia dapat diakses secara cuma-cuma. Ada sebagian aplikasi yang menawarkan versi gratis dengan fitur terbatas, tetapi terdapat juga yang meminta pembayaran agar semua fitur pemulihan dapat diakses. Apabila ingin menggunakan versi berbayar, pastikan membaca ulasan dari pengguna sebelum membeli agar kualitas pemulihan yang diharapkan terjaga.

Bagaimana cara jika tidak ada salinan cadangan di cloud?

Jika terjadi bahwa tidak ada salinan cadangan yang tersedia di cloud, masih terdapat beberapa metode pemulihan lain yang dapat dicoba. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan foto yang bisa memindai atau mencari foto yang terhapus tersebut secara langsung dari perangkat Vivo. Namun, tingkat keberhasilan pemulihan foto dengan menggunakan metode ini mungkin lebih rendah dibandingkan jika ada salinan cadangan di cloud.

Apakah ada perbedaan kualitas foto setelah dipulihkan?

Pada umumnya, kualitas foto yang dipulihkan melalui aplikasi pemulihan tidak akan sama persis dengan kondisinya sebelum dihapus. Terkadang, terdapat penurunan beberapa detail atau kualitas pada foto tersebut. Akan tetapi, hal ini bergantung pada aplikasi pemulihan yang digunakan serta faktor-faktor lain seperti kondisi foto sebelum dihapus.

Apakah semua jenis HP Vivo bisa menggunakan metode ini?

Benar, metode yang telah dijelaskan di atas bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus pada semua model HP Vivo, termasuk Vivo V17, Vivo Y20s, Vivo X50, dan lain-lain. Walau tampilan serta antarmuka pengaturannya mungkin berbeda, prinsip pemulihan data yang dijabarkan tetap berlaku untuk seluruh jenis perangkat Vivo.

Bagaimana jika foto yang terhapus tidak ditemukan di tempat sampah?

Jika foto yang terhapus tidak ditemukan dalam tempat sampah, mungkin foto tersebut telah dihapus sepenuhnya dari perangkat Vivo. Namun, hal ini tak berarti bahwa tidak mungkin mengembalikannya. Dalam situasi semacam ini, disarankan untuk menggunakan aplikasi pemulihan yang dikhususkan untuk mendeteksi dan mengembalikan foto yang telah dihapus secara permanen.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Hp Vivo

  • Dipublish : 9 Januari 2024

  • Diupdate :

  • Penulis : Farida

Comments are closed.