Buku IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Diposting pada

Anda sedang mencari Buku IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka PDF SMA/MA/SMK/MAK untuk Guru dan Siswa? Nah, disini mimin PeloporNet sudah menyediakannya. Jadi, Ibu/Bapak Guru bisa langsung download atau unduh dan kemudian menjadikannya referensi bahan ajar kurikulum merdeka belajar untuk peserta didik di sekolah.

Buku merdeka belajar ini merupakan bentuk layanan penyediaan bahan belajar peserta didik jenjang SMA/MA/SMK/MAK agar proses pembelajarannya lebih terarah, terencana, variatif, dan bermakna.

Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Type: Whatsapp dan Telegram

Harap Diperhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi Buku IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka ini serta opsi BUKU SMA/MA/SMK/MAK LAINNYA untuk mengakses kumpulan koleksi buku SMA/MA/SMK/MAK kurikulum merdeka lainnya.

Salam hebat untuk guruku, selamat mempelajari Ibu/Bapak Guru!

Identitas Buku

Penulis:

  • Ayuk Ratna Puspaningsih
  • Elizabeth Tjahjadarmawan
  • Niken Resminingpuri Krisdianti

Penelaah:

  • Anna Permanasari
  • Ida Kaniawati
  • Erisda Eka Putra
  • Ari Widodo
  • Taufikurahman
  • Wahyu Srigutomo

Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Cetakan pertama, 2021

ISBN 978-602-244-379-7 (Jilid Lengkap)

ISBN 978-602-244-380-3 (Jilid 1)

Deskripsi Singkat Buku

Buku ini terdiri dari delapan bab. Setiap babnya diawali dengan konteks atau tema yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar peserta didik, yang berkaitan dengan materi sains yang akan dibahas. Peserta didik diajak untuk memiliki kesadaran sebagai warganegara global yang bertanggung jawab untuk merespon isu-isu global. Peserta didik dapat berkontribusi menyelesaikan isu-isu global yang sedang terjadi itu misalnya pandemik virus Covid-19, pencemaran lingkungan, pemanasan global, ketahanan pangan, peluangan pemanfaatan sumberdaya alam berbasis teknologi terkini, sumber energi ramah lingkungan, dan lain-lain yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing.

Bab 1 tentang Pengukuran yang mendorong peserta didik untuk menyadari pentingnya melakukan pengukuran dengan teliti dan presisi, serta menggunakan alat ukur yang sesuai, sehingga pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Bab 2 membahas tentang virus, bagaimana virus bereproduksi dan apa peranan virus, sehingga peserta didik dapat menemukan sebuah solusi dalam mencegah penyebaran virus yang menyebabkan penyakit.

Bab 3 berisi ulasan kimia hijau yang mendorong peserta didik untuk mengenal dan menyadari pentingnya prinsip kimia hijau dan reaksi kimia hijau. Prinsip ini harus selalu menyertai semua kegiatan baik dalam dunia industri, perkantoran, sekolah, aktivitas masyarakat, dan rumah tangga.

Bab 4 memberi landasan kimia kepada peserta didik yaitu ulasan konsep teoretis maupun hitungan hukum-hukum dasar kimia yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Bab 5 memberi wawasan kepada peserta didik sehingga memiliki rasa ingin tahu terhadap unsur-unsur logam tanah jarang sebagai nanomaterial dalam perkembangan nanoteknologi. Ulasan konsep teoretis dibahas berdasarkan sudut pandang ilmu kimia yaitu struktur atom, konfigurasi elektron, dan jari-jari atom sebagai sifat periodik unsur.

Bab 6 membahas mengenai krisis kebutuhan energi yang sedang terjadi saat ini. Dengan wawasan yang dimiliki peserta didik tentang macam-macam bentuk energi dan sumber energi yang tersedia di sekitar tempat tinggal dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi, minimal untuk konsumsi energi pribadi. Selain itu, wawasan mengenai energi ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap bijak dalam menggunakan energi, sehingga memiliki gaya hidup yang lebih ramah energi.

Pada bab 7, peserta didik belajar memahami bahwa makhluk hidup beranekaragam dan pentingnya keanekaragaman, pengelompokkan makhluk hidup dan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem sehingga peserta didik dapat menemukan solusi pemanfaatan secara bijak spesies tertentu untuk menjaga keseimbagan ekosistem.

Setelah peserta didik mempelajari bab 1 hingga bab 7 maka bab 8 merupakan terapan IPA terpadu yang mengajak peserta didik untuk membuka wawasan terhadap perubahan iklim global yang sedang terjadi saat ini serta solusinya. Selain pembahasan konsep materi yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase E juga disajikan aktivitas terhadap penerapan konsep materi tersebut.

Materi Pembelajaran

Buku ini terbagi menjadi beberapa pokok pembelajaran dan di dalamnya terdapat petunjuk penggunaan buku, Bab-bab materi, latihan soal terpadu dan lain-lain. Berikut Bab pokok bahasannya, antara lain:

  • Bab 1 Pengukuran dalam Kerja Ilmiah
  • Bab 2 Virus dan Peranannya
  • Bab 3 Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030
  • Bab 4 Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita
  • Bab 5 Struktur Atom – Keunggulan Nanomaterial
  • Bab 6 Energi Terbarukan
  • Bab 7 Keanekaragaman Makhluk Hidup, Interaksi, dan Peranannya di Alam
  • Bab 8 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi

DOWNLOAD BUKU GURU

DOWNLOAD BUKU SISWA

BUKU SMA/MA/SMK/MAK LAINNYA

Demikian buku merdeka belajar yang telah kami sajikan. Untuk mengakses buku PAUD, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK/MAK lainnya, silahkan klik Buku, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Kumpulan Nomor HP Tante Girang Lengkap Grup Aktif
Type: Whatsapp dan Telegram