23 Ayat Alkitab Tentang Egois yang Perlu Disingkirkan

kristenly kristenly
23 Ayat Alkitab Tentang Egois yang Perlu Disingkirkan
agama kristen

#PeloporNet – Dalam jati diri seorang manusia, pasti memiliki sikap mementingkan diri sendiri. Meskipun dalam jiwa setiap orang terdapat ego, sikap ini harus bisa mengendalikannya seperti amarah. Agar bisa mengendalikan ego, mari simak ayat Alkitab tentang egois secara tersirat.

Orang yang terlalu mementingkan diri sendiri bahkan sampai melupakan kepentingan orang lain termasuk sikap egois, karakter seperti ini terjadi karena terlalu mencintai diri dan mengejar keuntungan sehingga tidak peduli dengan penderitaan lainnya.

Orang lain yang mendekat akan merasa tidak nyaman apabila ada sikap egois, hal ini karena sifat tersebut adalah pusat dari segala masalah. Mereka yang selalu mencintai diri berlebihan akan memaksa lainnya untuk berkorban.

Keegoisan dalam diri harus mampu mengendalikan agar tidak merugikan orang lain dan Anda sendiri, sifat buruk seperti ini akan merusak hubungannya dengan sesama manusia dan Tuhan-Nya. Maka, bisa membawa ke dalam kesengsaraan.

19 Ayat Alkitab Tentang Kesombongan Diri, Manusia, dan Pamer

Ayat Alkitab Tentang Sifat Egois

ilustrasi orang egois, sumber gambar: gkdi.org

Dalam kehidupan ini, sering kali menemui orang-orang bersikap egois dengan cukup melihatnya dari tindakan dan pemikirannya. Entah mereka menyadari atau tidak akan perilaku buruknya. Untuk itu, mari pahami dan merenungkan ayat Alkitab tentang egois ini.

  • Lukas 21:34 : “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.”
  • 1 Korintus 10:24 : “Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.”
  • Kisah Para Rasul 20:35 : “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima.”
  • Markus 12:31 : “Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama daripada kedua hukum ini.”
  • Matius 6:19-21 : “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”
  • Mazmur 119:36 : “Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan jangan kepada laba.”
  • Mazmur 119:37 : “Lalukanlah mataku daripada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kau tunjukkan!.”
  • Kisah Para Rasul 20:24 : “Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.”
  • 1 Yohanes 2:6 : “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”
  • 2 Korintus 5:15 : “Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.”
  • 1 Yohanes 3:17 : “Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?.”
  • Yakobus 3:14 : “Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!.”
  • Roma 15:2-3 : “Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya. Karena Kristus juga tidak mencari kesenangan-Nya sendiri, tetapi seperti ada tertulis: “Kata-kata cercaan mereka, yang mencerca Engkau, telah mengenai aku.”
  • Amsal 11:25 : “Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.”
  • Roma 2:6-8 : “Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.”
  • 2 Timotius 3:2 : “Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama.”
  • Roma 12:10 : “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.”
  • Filipi 2:2-4 : “karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”
  • Amsal 18:1 : “Orang yang menyendiri, mencari keinginannya, amarahnya meledak terhadap setiap pertimbangan.”
  • Filipi 2:5-11 : “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!.”
  • 1 Korintus 13:4-6 : “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran.”
  • Galatia 5:19-21 : “Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”
  • Yakobus 3:16 : “Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.”
  • 22 Ayat Alkitab Tentang Jangan Bersikap Iri Hati

    Dengan adanya agama, dapat meminimalisir keegoisan yang melekat pada manusia. Sikap yang terlalu egois tanpa adanya moral akan menghancurkan diri sendiri serta melupakan adanya eksistensi Tuhan Yesus Kristus.

    Dengan ayat Alkitab tentang egoisme diatas, semoga sebagai umat dengan keimanan tinggi dapat mengambilnya sebagai referensi dalam bersikap. Selain itu, bisa menggunakanya sebagai pengatur sikap agar tidak egois serta senantiasa percaya terhadap Tuhan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Previous Post
    20 Ayat Alkitab Tentang Puasa Dalam Kristen

    20 Ayat Alkitab Tentang Puasa Dalam Kristen

    Next Post
    53 Ayat Alkitab Tentang Bapa di Sorga yang Harus Anda Ketahui

    53 Ayat Alkitab Tentang Bapa di Sorga yang Harus Anda Ketahui

    Related Posts